CARA MEMBEDAKAN UANG ASLI DAN UANG PALSU

CARA MEMBEDAKAN UANG ASLI DAN UANG PALSU

Uang merupakan alat transaksi dan pembayaran resmi yang digunakan oleh masyarakat. Namun sudah banyak oknum yang sengaja melakukan penipuan demi mendapatkan keuntungan bagi dirinya sendiri.  sudah banyak beredar kabar mengenai peredaran uang palsu di masyarakat. Untuk itu kita harus lebih teliti dan waspada tentang hal ini. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membedakan uang palsu dan uang asli. Sebenarnya uang asli memiliki ciri yang sangat khas yang tidak bisa ditiru. Untuk itu kita bisa menerapkan 3D, yaitu dilihat, diraba, dan diterawang. Teknik ini sudah di perkenalkan oleh pemerintah kepada masyarakat. 

Namun agar lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa cara untuk membedakan uang palsu dan uang asli. Adapun beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut:

  • Tampilan

hal pertama yang dapat membedakan uang palsu dan uang asli adalah dari tampilan uang itu sendiri. Dilihat dari warna, uang palsu memiliki warna yang lebih pucat dan kusam dibandingkan dengan uang asli. Warna uang palsu juga akan luntur jika terkena air karena perbedaan tinta yang digunakan.  Perbedaan warna juga dibedakan dari benang pengaman pada uang tersebut. Dimana uang asli memiliki benang warna yang dapat berubah warna, sedangkan uang palsu tidak berubah.  Tampilan uang palsu dan asli juga dapat dibedakan dengan hologram yang ada di kedua sisi uang. Uang yang asli ini biasanya memiliki hologram yang dapat berubah jika dilihat dari sudut yang berbeda. Sedangkan uang palsu tidak memiliki warna hologram yang berubah. 

  • Tekstur kertas

Uang asli memiliki tekstur yang lebih kasar dibandingkan dengan uang palsu ketika diraba. Pada bagian lambang negara uang asli memiliki tekstur yang lebih kasar, sedangkan uang palsu tidak memiliki tekstur. Uang palsu memiliki tekstur yang lebih halus dan tipis dibandingkan dengan uang asli. Karena uang palsu tidak memiliki pengaman seperti yang ada dalam uang asli. Uang palsu pun lebih mudah lecek karena ketipisan kertas dibandingkan dengan uang asli. 

  • Gambar yang tersembunyi

Uang yang asli memiliki dua gambar yang tersembunyi. Yaitu gambar satu warna dan gambar multi warna. Gambar multi warna bisa dilihat pada pecahan 100 ribu, 50 ribu, 20 ribu dan 10 ribu. Sedangkan gambar satu warna juga terdapat pada uang pecahan kertas. Gambar tersebut berupa tulisan BI di sebelah gambar pahlawan.

  • Dengan menggunakan sinar ultraviolet

Cara ini merupakan cara yang efektif untuk membedakan uang asli dan uang palsu.  Uang asli akan berpendar ketika terkena sinar ultraviolet, sedangkan uang palsu tidak.

  • Kode untuk penyandang tuna netra

Pada uang asli terdapat kode yang digunakan untuk penyandang tunanetra agar bisa membedakan uang yang dipegangnya. Kode tersebut berupa sepasang garis yang timbul di sisi kanan dan kiri pada uang kertas asli. 

  • Tanda air

Uang asli tanda air gambar pahlawan tidak saling berlawanan, namun saling mengisi serta utuh. Sedangkan uang palsu memiliki tanda air gambar pahlawan yang saling berlawanan dan tidak saling mengisi. 

Itulah beberapa cara  untuk membedakan uang kertas dan uang asli yang harus kalian ketahui. Semoga hal ini dapat bermanfaat untuk anda supaya tidak menerima uang palsu. Selain berhati-hati terhadap uang palsu. Kita juga perlu melakukan perawatan terhadap uang asli yang dimiliki agar kondisinya tetap baik. Dengan tindakan seperti itu kita semua dapat berperan dalam menghindarkan orang lain terjebak dengan penyebaran uang palsu.

Author Image
berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *