HAL – HAL YANG PENTING DIPERHATIKAN DALAM PELAKSANAAN AQIQAH

HAL – HAL YANG PENTING DIPERHATIKAN DALAM PELAKSANAAN AQIQAH

Secara istilah aqiqah merupakan proses penyembelihan hewan untuk seorang anak yang baru lahir. Namun secara bahasa, aqiqah berarti pemotongan rambut yang berada di kepala bayi yang baru dilahirkan. Aqiqah ini dilaksanakan dengan harapan supaya kelak putra putri mereka selalu mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Selain itu ibadah aqiqah juga menjadi salah satu sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Dalam pelaksanaannya aqiqah juga harus dilaksanakan sesuai ketentuan dan syariat islam. Sehingga membutuhkan persiapan yang cukup banyak dan pastinya harus benar – benar matang. Bahkan ada beberapa hal penting yang harus anda ketahui dan diperhatikan dalam pelaksanaan aqiqah tersebut. Adapun beberapa hal tersebut diantaranya yaitu:

  • Makruh memecahkan tulang aqiqah

Hal pertama yang harus diperhatikan dengan baik saat aqiqah yaitu dengan memperhatikan proses penyembelihan aqiqah. Baik pada waktu penyembelihan ataupun waktu dimakan, tidak diperbolehkan untuk memecahkan tulang – tulang pada kambing. Dengan begitu tulang – tulang tersebut harus dipisahkan dengan pas pada persendian tulang kambing. Hal ini dimaksudkan supaya waktu hasil daging tersebut saat dibagikan terlihat lebih menyenangkan. Bahkan juga dimaksudkan dengan menaruh rasa optimis terhadap kesehatan dan keselamatan anggota badan. Sebab hal tersebut dianggap sebagai penebus untuk bayi yang baru dilahirkan dan di aqiqahi tersebut.

  • Hewan yang disembelih

Dalam pelaksanaan aqiqah dianjurkan untuk menyembelih hewan ternak terutama kambing. Kambing yang disembelih dengan jumlah sesuai jenis kelamin anak. Untuk anak laki – laki menggunakan dua ekor kambing sedangkan anak perempuan menggunakan satu ekor kambing. Bahkan kambing tersebut juga harus kambing yang pastinya berkualitas baik. Yakni kambing yang sudah cukup umur atau lebih dari satu tahun dan juga dalam keadaan yang sehat tanpa cacat. Dalam proses penyembelihan hewan juga tidak boleh untuk lupa menyebut nama Allah Swt. Dengan begitu nantinya kambing yang dihasilkan akan dalam keadaan sah dan juga halal.

  • Waktu pelaksanaan aqiqah

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan dengan baik yaitu waktu pelaksanaan aqiqah. Dalam hadis, aqiqah dianjurkan untuk dilaksanakan pada hari ketujuh setelah kelahiran anak tersebut. Akan tetapi pelaksanaannya juga bisa diganti pada hari keempat belas dan hari kedua puluh satu. Sebab meskipun menjadi salah satu ibadah yang dianjurkan untuk dilaksanakan dalam umat muslim. Masih banyak orang tua yang belum mampu untuk melaksanakannya, sebab pelaksanaan aqiqah tidak boleh sembarangan. Sehingga untuk melaksanakan aqiqah ini membutuhkan persiapan dan biaya yang pastinya tidak sedikit. Bahkan jika orang tua benar – benar tidak mampu untuk melaksanakan ibadah aqiqah tersebut untuk anaknya. Maka mereka diperbolehkan untuk tidak melaksanakan ibadah aqiqah tersebut.

  • Proses ibadah aqiqah

Pada proses ibadah aqiqah, pada umumnya juga mengundang sanak keluarga maupun tetangga. Hal ini dilakukan supaya ibadah aqiqah yang dilaksanakan sesuai dengan sunnah Rasulullah. Bahkan semua proses harus dilaksanakan sesuai dengan syariat islam baik dari awal sampai akhir proses aqiqah. Bahkan ibadah aqiqah juga biasanya ditambah dengan acara ceramah dan juga pengajian. Yang biasanya menyisipkan materi tentang pendidikan anak maupun kewajiban anak terhadap orang tua. Proses aqiqah biasanya meliputi tiga susunan kegiatan yang dilakukan secara bersamaan. Yaitu penyembelihan hewan aqiqah, mencukur rambut kepala anak dan juga memberikan nama untuk anak tersebut. Yang nantinya hasil akhir dari proses aqiqah tersebut akan dibagikan kepada masyarakat sekitar dan fakir miskin. 

Published

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *