MACAM – MACAM OLAHAN YANG BIASA DISAJIKAN DALAM ACARA AQIQAH

MACAM – MACAM OLAHAN YANG BIASA DISAJIKAN DALAM ACARA AQIQAH

Aqiqah merupakan ibadah yang dilakukan sebagai wujud syukur atas kelahiran seorang anak dalam keluarga. Ibadah aqiqah ini memang diwajibkan untuk dilaksanakan oleh orang tua kalangan umat muslim. Hukum dari pelaksanaan aqiqah ini yakni sunnah muakkadah, artinya tidak berdosa jika meninggalkannya. Namun ibadah ini diwajibkan bagi orang tua yang mampu untuk melaksanakannya aqiqah tersebut. Aqiqah ditandai dengan proses penyembelihan kambing dengan jumlah sesuai jenis kelamin buah hati yang lahir. Untuk anak perempuan menggunakan 1 ekor kambing sedang untuk anak laki – laki menggunakan 2 ekor kambing. Selain itu aqiqah juga ditandai dengan proses pemotongan rambut dan pemberian nama anak. Setelah itu nantinya hasil daging dari acara aqiqah tersebut akan dibagikan kepada tetangga dan fakir miskin. 

Dalam sunnahnya pembagian daging hasil aqiqah tersebut dibagi menjadi tiga bagian. Yakni sepertiga untuk dimakan dirinya sendiri, sepertiga untuk masyarakat atau tetangga sekitar dan sepertiga lagi untuk fakir miskin. Namun daging tersebut harus dibagikan dalam bentuk sudah matang dan tidak boleh daging dalam keadaan mentah. Hal ini dilakukan untuk memudahkan orang yang menerima pemberian hasil masakan aqiqah tersebut.

Macam – Macam Olahan Aqiqah

Sebelum membagikan hasilnya, daging aqiqah biasanya harus dimasak terlebih dahulu. Baru nantinya masakan tersebut yang akan dibagikan kepada tetangga dan orang yang membutuhkan. Banyak macam makanan yang bisa dihasilkan dari pengolahan daging kambing aqiqah. Berikut ini ada beberapa menu masakan yang bisa anda pilih untuk acara aqiqah yang kamu laksanakan. Adapun beberapa menu tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

  • Sate kambing

Menu masakan daging dalam aqiqah yang pertama yaitu sate kambing. Olahan yang satu ini merupakan salah satu olahan yang paling banyak dan sering digunakan dalam aqiqah. Bahkan setiap jasa aqiqah pastinya akan menyediakan menu ini sebagai menu pilihan dalam pelaksanaan aqiqah. Untuk memasaknya, daging kambing terlebih dahulu direndam dengan bumbu selama kurang lebih 1 jam. Hal ini bertujuan supaya bumbu bisa meresap dengan sempurna ke dalam daging tersebut dan membuat legit ketika dimakan. Biasanya juga ditambahkan rempah – rempah di dalamnya supaya daging kambing tidak bau prengus.

  • Gulai kambing

Menu masakan selanjutnya yang biasanya ada dalam aqiqah yaitu gulai kambing. Makanan ini biasanya dibuat dengan menggunakan banyak rempah yang menghasilkan cita rasa yang enak dan gurih. Gulai kambing juga biasanya dijadikan sebagai menu pilihan yang paling banyak diminati dalam jasa aqiqah. Sama seperti sate, gulai kambing juga merupakan olahan yang berbahan dasar daging kambing namun memiliki kuah yang gurih.

  • Tongseng

Tongseng juga merupakan salah satu menu yang bisa dihasilkan dari pengolahan daging aqiqah. Masakan ini merupakan masakan yang berbahan dasar daging kambing yang sudah dipotong dadu atau kotak melebar. Dalam memasaknya tongseng biasanya menggunakan bumbu – bumbu yang dihaluskan terlebih dahulu lalu ditumis sampai harum. Tak ketinggalan untuk menambahkan kecap supaya rasa daging kambing tersebut semakin sedap dan nikmat.

  • Rendang

Menu masakan dalam aqiqah yang terakhir yaitu rendang. Menu ini juga merupakan menu yang populer dan diminati oleh banyak orang dalam pelaksanaan aqiqah. Namun meskipun begitu, proses memasak menu yang satu ini memang cukup susah dan membutuhkan waktu yang lama. Dalam memasaknya kurang lebih membutuhkan waktu dua hari, hari pertama yaitu memasak kuah santan sampai minyaknya keluar. Hari selanjutnya baru memasukkan daging kambing yang sudah dipotong – potong. Dalam memasaknya juga biasanya menggunakan tungku kayu bakar supaya masakannya menjadi lebih nikmat.

Published

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *