MAKANAN YANG DAPAT MEMPERLANCAR ASI 

MAKANAN YANG DAPAT MEMPERLANCAR ASI 

Sebagai seorang ibu yang sedang memberikan asi kepada anaknya, sangat penting untuk mengkonsumsi makanan yang melancarkan asi. Sebab air susu menjadi sumber makanan yang sangat penting dan dibutuhkan oleh bayi. Tak jarang bayi mengalami rewel akibat asi yang dihasilkan oleh ibunya kurang lancar. Hal ini biasanya karena sang ibu kesulitan memberikan asi sebab asi yang diproduksi sedikit. Dengan begitu seorang ibu harus melakukan berbagai cara untuk mendapatkan asi untuk anaknya. Mulai dengan memerah asi dengan menggunakan pompa asi hingga mengkonsumsi makanan yang dapat memperlancar asi. 

Sebenarnya banyak jenis makanan yang dapat untuk membantu memperlancar asi ibu menyusui. Bahkan makanan tersebut sering kita jumpai sehari-hari sehingga mudah untuk mendapatkannya. Adapun beberapa makanan tersebut diantaranya:

  • Daun katuk

Daun katuk menjadi salah satu daun yang sudah lama dipercaya dapat dikonsumsi ibu menyusui untuk memperlancar asi. Hal ini dikarenakan daun katuk memiliki banyak kandungan protein yang dibutuhkan oleh ibu menyusui. Daun katuk ini sering bisa kita jumpai dengan mudah di sekitar pekarangan rumah. Dalam pemasakan daun katuk membutuhkan proses yang  tepat agar daun katuk tidak terasa pahit. Biasanya daun katuk dimasak menjadi sop bening ataupun hanya rebus dan dijadikan lalapan.

  • Pepaya

Selain sangat bermanfaat untuk pencernaan, ternyata pepaya juga dapat membantu untuk memperlancar asi. Tak hanya buahnya, bunga serta daun pepaya juga efektif untuk memperbanyak produksi asi. Buah pepaya merupakan salah satu buah yang sangat mudah untuk kita jumpai. Sebab buah pepaya biasanya banyak di taman di sekitar pekarangan rumah. Buah pepaya yang cocok untuk dikonsumsi yaitu buah pepaya yang masih mengkal. Untuk mengkonsumsi buah pepaya biasanya dimakan secara langsung ataupun juga bisa dijadikan menjadi sayur. 

  • Bayam

Bayam juga dipercaya dapat membantu memperlancar produksi asi untuk ibu menyusui. Bayam mengandung zat besi yang berguna untuk pembentukan sel darah merah untuk ibu menyusui. Selain vitamin yang terkandung dalam bayam juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Untuk itu mengkonsumsi bayam untuk ibu menyusui sangatlah penting. Selain sayur bayam, sayuran hijau lainnya juga dapat membantu memperbanyak asi. 

  • Wortel

Wortel memang sudah dikenal memiliki vitamin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Namun selain untuk bermanfaat untuk kesehatan mata, ternyata wortel juga bermanfaat untuk menghasilkan asi dalam jumlah banyak. Untuk itu wortel dapat menjadi salah satu makanan untuk ibu menyusui yang memiliki produksi asi sedikit. Dengan minum 1 gelas jus wortel pada siang sebelum makan, akan menambah produksi asi di sore hari.

  • Kacang tanah mentah

Beberapa jenis kacang mengandung zat besi yang cukup tinggi, salah satunya kacang tanah. Kacang tanah mentah mempunyai kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan kacang yang sudah diolah. Sehingga mengkonsumsi kacang tanah dalam keadaan mentah dipercaya dapat meningkatkan produksi asi. Sehingga kacang tanah cocok dijadikan untuk cemilan ibu menyusui. Namun mengkonsumsi kacang mentah tidak disarankan untuk ibu hamil, karena dapat menyebabkan keguguran. 

Nah itulah beberapa makanan yang cocok dikonsumsi untuk ibu menyusui. Makanlah makanan-makanan tersebut untuk membantu memproduksi asi. Dengan begitu kebutuhan asi pada anak akan terpenuhi. Dengan asi yang terpenuhi bayi pastinya akan lebih tenang karena bayi akan merasa kenyang. Selain mudah untuk ditemukan karena berada di sekitar kita, pastinya juga akan lebih menyehatkan.

Published

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *